Tips memilih PPF Yang Tepat Buat Mobil Kamu

BY VICTOR ONEPRO

Kalau kamu mengikuti industri mobil, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Paint Protection Film (PPF). Jadi kalau kamu rencana mau pake paint protection film, kamu perlu memahami beberapa aspek ini dulu :


Yang pertama kamu harus memahami bedanya grade paint protection film. Disini saya bakal bahas mulai dari yang paling bawah sampai yang paling tinggi.


PVC atau VPF (Vinyl Protection FIlm) adalah “PPF” yang paling ekonomis. Bahan ini adalah PPF generasi pertama, bahan ini sangat kaku karena terbuat dari polyvinyl chloride (PVC). 


Kekurangan bahan ini adalah tidak memiliki sifat hydrophobic (daun talas) dan juga non self-healing. Karena karakter bahannya yang sangat kaku, PVC ini susah ditekuk pada ujung-ujung body. Masalah lainnya adalah “stretch mark”, stretch mark adalah garis tarikan yang timbul di permukaan film karena terjadinya tarikan saat instalasi film ke body mobil yang mempunyai kontur yang ekstrim. Biasanya stretch mark akan cenderung kelihatan lebih banyak di bahan PVC ini. Otomatis hasil akhirnya akan terlihat tidak sempurna. 


Bicara tentang ketahanan, PVC ini bisa tahan sampai 2 tahun. Kalau dipakai lebih lama, warna PVC ini akan berubah menjadi kuning, dan dia akan mengeras di body mobil.


TPH atau PU (Polyurethane) adalah film pelindung cat yang sangat populer di kalangan mobil-mobil menengah keatas, karena kamu bisa dapat value yang terbaik untuk uangmu. Biasanya bahan TPH ini sudah didesain untuk memiliki sifat self-healing dan hydrophobic. Namun, kekuatan self-healing TPH tidak sebagus yang dimiliki bahan TPU.


Kelebihannya TPH adalah bisa menangkis serangan-serangan kerikil (stone chips) dan serempetan yang ringan. Dan untuk daya tahan, TPH ini bisa sampai 5 tahun tergantung perawatan masing-masing pemilik.


PPF berbasis TPU (Thermoplastic Polyurethane) adalah PPF premium sesuai standar global. Bahan TPU jauh lebih tahan terhadap penguningan dan perubahan warna. Perekat pada film TPU ini juga dimodifikasi agar mudah dilepas. Secara keseluruhan, kedua fitur ini berfungsi untuk melestarikan cat orisinil jauh lebih baik daripada PPF berbasis PVC atau TPH.


TPU memiliki karakteristik yang sangat elastis, bahan ini bisa melar sampai 3x ukurannya. Untuk daya tahan bahan ini jauh lebih awet, bisa tahan sampai 10 tahun. Meskipun film TPU jauh lebih mahal daripada PVC dan TPH, kualitas produknya telah membuktikan bahwa TPU memang layak untuk dijual dengan harga ekstra.


Ketebalan bahan PPF ini dihitung dengan unit micron atau mil, yeap betul, mil, bukan “mm atau milimeter”. Rata-rata ketebalan PPF ini mulai dari 150 microns (6 mil) sampai 200 microns (8 mil). Kalau kita bandingkan angka ini dengan nano ceramic coating, 3 layer nano ceramic coating hanya bisa memberikan proteksi ketebalan maksimum 5 microns (0.2 mil).


Jadi kenapa ketebalan penting? Tentu penting, lebih tinggi ketebalannya akan membuat mobil kamu lebih terproteksi. Tapi pertanyaannya adalah…


The answer is "No". Bahan yang lebih tebal memang berarti lebih kuat, tapi hanya bermaksud lebih kuat daripada bahan yang lebih tipis di kelasnya. Jadi bisa dibilang ketebalan ini tidak relevan kalau grade bahan PPF sudah beda.


"Oke jadi sekarang bro sudah tau nih perbedaannya, 

selanjutnya tips dari Saya adalah…"

JALANAN RUSAK DI DEPAN, STONE CHIPS dimana-mana! 

Kalau kamu adalah seseorang yang sering menghabiskan waktu kamu di jalanan, maka wrapping PPF dengan bahan TPU adalah pilihan ideal. Di sisi lain, kalau kamu jarang mengendarai mobil atau hanya jalan beberapa ribu kilometer per tahun pada kendaraan kamu, maka paket TPH akan lebih masuk akal. 


Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah kondisi jalanan yang kamu lewati. Kalau kamu sering mengunjungi jalan raya yang terkenal penuh lubang dan kerikil-kerikil, maka full PPF wrap adalah pilihan terbaik. Tetapi kalau kamu mengemudi di jalan lokal yang terpelihara dengan baik, risiko kerusakan cat akan berkurang.

Mencari installer yang memiliki reputasi terbaik.

Installer yang memiliki reputasi baik tidak akan membahayakan nama mereka dengan film berkualitas lebih rendah atau film oplosan. Dan pastikan installer memeberikan garansi sampai dengan 10 tahun.


Jadi bagaimana cara menemukan installer yang memiliki reputasi baik? Ada 5 hal yang ingin kamu cari: 



HEMAT UANG, bayar untuk yang kamu perlu aja!

Saat memilih bahan PPF, pastikan untuk mempertimbangkan dua elemen ini: 



Meskipun biaya di awal lebih tinggi, kamu dapat menikmati ketenangan pikiran karena mengetahui bahwa kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun untuk kerusakan cat.