Cara Terbaik Untuk Melindungi Cat Mobil lu

BY VICTOR ONEPRO

Di dunia otomotif, pasti bro sudah pernah dengar yang namanya Coating dan Waxing. Mungkin bro juga pernah denger yang namanya PPF (Paint Protection Film). Nah disini gw bakal jelasin perbedaannya dari 3 macam pelindung cat mobil ini. Pertama kita bahas dulu definisinya dan kelebihannya.


1. Coating

Coating atau Ceramic Coating adalah cairan polimer kimia bahan dasar silika yang dapat mengeras. Biasanya cairan ini di aplikasikan ke cat mobil untuk menciptakan lapisan perlindungan tambahan dengan efek daun talas, kira-kira bisa tahan dari 1 sampai 2 tahun.

Kelebihan dari Ceramic Coating

  • Perlindungan dari Sinar UV

Lapisan Ceramic Coating akan melindungi cat mobil dari oksidasi, mencegah cat menjadi pudar dan terlihat kusam. Ini sangat penting kalau mobil bro suka diparkir di luar.

  • Perlindungan dari Kontaminasi

Ceramic Coating akan mencegah kontaminan untuk merusak clear coat dan cat mobil. Seperti kotoran burung, getah pohon, bug splatter dan lain-lain yang mengandung asam.

  • Mempermudah Cuci Mobil

Dengan Ceramic Coating, cuci mobil jadi lebih cepat. Efek daun talas dari Ceramic Coating membuat kotoran gak nempel sama body mobil hasilnya kotoran lebih mudah turun.

  • Membuat Mobil Jadi Lebih Kinclong

Mobil yang sudah di Ceramic Coating hasilnya lebih kinclong, dan efek daun talas dari Ceramic Coating membuat jamur mobil berkurang.


  1. Waxing

Kita semua pasti pernah denger yang namanya Waxing. Dan lagi, tujuannya Waxing ini sama seperti produk lain, yaitu memberikan proteksi dari sinar UV, menolak air dan mencegah kontaminan dan partikel menempel ke permukaan mobil. Umumnya wax ini gak tahan lama karena terbuat dari bahan alami, kira-kira wax bisa tahan sampai 2 bulan.

Kelebihan dari Waxing

  • Murah Meriah

Ini cara memproteksi cat mobil paling ekonomis. Tapi seperti yang gw bilang di atas, mobil yang sudah di wax harus waxing kembali setiap 4 hingga 6 minggu untuk mendapatkan manfaat maksimal.

  • Tidak Membutuhkan Bantuan Profesional

Aplikasi sangat mudah, wax dapat disemprotkan atau dioleskan ke spons atau kain mikrofiber sebagai pasta dan digosokkan ke cat.


  1. PPF (Paint Protection Film)

PPF atau Paint Protection Film adalah film terbuat dari bahan dasar thermoplastic polyurethane. Tekstur film ini bisa dibilang semacam pergabungan dari plastik dan karet, sangat elastis dan kuat. Film ini diaplikasikan di body mobil supaya catnya terlindungi, warnanya lebih mengkilap dan cat orisinilnya tidak tergores. Untuk saat ini PPF adalah pelindung cat mobil yang TERBAGUS, biasanya PPF bisa tahan dari 5 sampai 10 tahun.

Kelebihan dari PPF (Paint Protection Film)

  • Pelindung Cat Mobil Dari Serangan Batu Kerikil


PPF adalah pelindung cat mobil satu-satunya yang ampuh untuk melindungi cat dari stone chip (serangan batu kerikil).

  • Self-Healing

Film yang terbuat dari thermoplastic polyurethane ini bisa menjadi sebuah lapisan pelindung yang bersifat anti gores dan baret-baret halus (swirl-marks).

  • Mempermudah Cuci Mobil

Sama dengan Ceramic Coating, PPF pada umumnya sudah ada coating hydrophobic. Kotoran-kotoran lebih mudah diangkat dan membuat cat body aman dari jamur.

  • Mencegah oksidasi

Setiap kali lu keluarin mobil dari garasi, mobil itu langsung terkena radiasi UV. Sama seperti kulit, mobil juga bisa rusak dari radiasi ini. Pelindung cat mobil ini dirancang khusus untuk memblokir radiasi UV, sehingga cat mobil lu gak akan pudar karena paparan sinar UV. Jadi mobil akan tetap terlihat baru terus.


Jadi Rekomendasinya Apa Bro?

Kalau menurut gw, gw bakal rekomendasi pecinta mobil pakai PPF atau Ceramic Coating, atau bisa juga dua-duanya. Kombinasi dari pelindung cat mobil ini (Paint Protection Film dan Ceramic Coating) akan memberikan solusi terbaik untuk melindungi permukaan cat mobil bro dan memperpanjang umur catnya.


Keunggulan PPF yang gak ada di produk lain yaitu anti-stone chip menjadi wajib untuk mobil-mobil mewah. Jadi menurut bro, bro bakal pakai yang mana?


Kepoin kita di ONEPRO PPF yuk!