Bagaimana cara memilih ketebalan Paint Protection Film (PPF), setebal apa yang bagus?

BY VICTOR ONEPRO

Sering sekali saya ditanya: "PPF yang bagus minimum seberapa tebal ya?"


Banyak pecinta mobil yang mengetahui bahwa PPF adalah salah satu aksesoris yang wajib dimiliki untuk melindungi cat mobil kesayangannya, namun masih bingung seberapa tebal yang harus dipilih. Pada postingan kali ini saya akan bahas bagaimana cara memilih ketebalan PPF yang tepat.


"Bagaimana cara menghitung ketebalan PPF?"

Diluar sana workshop PPF sering kali berkata: "PPF kami memiliki ketebalan 6mil dan 8mil..." Sebetulnya apakah kamu paham dengan konsep "mil" ini?


Faktanya, "mil" adalah unit yang sangat kecil. Coba kamu bayangkan, ketebalan selembar kertas HVS 80 gsm yang standarnya berukuran A4 itu memiliki ketebalan sekitar 0.1 mm, dan itu setara dengan ketebalan 4 mil! Berarti PPF 8mil itu seperti tebalnya dua lembar kertas A4. Sekarang jauh lebih jelas, betul?

Ada berapa macam ketebalan PPF?

Ketebalan PPF yang umum di pasaran adalah 6mil, 6.5mil, 7mil, 7.5mil, 8mil, 10mil.


Tentunya ada juga yang lebih tebal, yang bisa dibilang “bespoke PPF”.


Dari semua ketebalan ini, PPF dengan 8mil adalah yang paling populer, seolah-olah seperti dua lembar kertas A4 disebutkan di atas. Jika memungkinkan, kamu boleh mengambil 2 lembar kertas dan dijadikan satu untuk mengetahui seberapa tebal 8mil tersebut.


Jadi...


PPF yang bagus itu minimum berapa tebal ya?

8mil adalah ketebalan PPF yang cocok untuk proteksi dari serempetan, dan tentu semakin tebal semakin baik, artinya kemampuan proteksi PPF itu sendiri semakin kuat dan masa pemakaian semakin lama.


PPF dengan ketebalan 6mil, 7mil atau 7.5mil tidak memiliki ketahanan yang cukup kuat terhadap serempetan.


Namun, semakin tebal PPF semakin sulit untuk membungkus mobil tersebut, terutama bodi dengan lekukan yang ekstrim. Pemasangan PPF dengan ketebalan 10mil ini wajib ditugaskan oleh team yang sudah berpengalaman dan ahli.


Kalau kamu siap untuk membuktikan perbedaan ketebalan seri bahan ONEPRO™, kamu bisa reservasi waktu kunjung ke workshop kami disini.