Apa itu Paint Protection Film?

Bagaimana PPF Dapat Melindungi Mobil GUE?

BY GIOVANNI ONEPRO

Paint protection film (PPF) - suatu investasi untuk masa depan mobil lu.

"Gimana nih cara proteksi body mobil?"


…Pertanyaan ini sering membuat pemilik mobil baru, pemilik mobil mewah, bahkan pemilik showroom mobil melek sepanjang malam. Mungkin bro sudah pernah mendengar istilah mobil di "PPF", atau "paint protection film" - tapi manfaatnya apa sih?


Paint protection film adalah lapisan yang dipasang di seluruh body cat mobil supaya mobil terlindungi dari:


  • Serangan batu kerikil, atau kotoran jalan lainnya

  • Percikan serangga

  • Yellowing, atau penguningan cat

  • Goresan kunci, atau lecet-lecet kecil lainnya

  • Swirl marks

  • Hujan asam

  • Kotoran burung


Dan kerusakan umum lainnya pada permukaan cat mobil.


Dengan paint protection film, bro tidak perlu keseringan membetulkan cat mobil karena adanya lapisan transparan yang melindunginya.


Pada jangka panjang, mobil lu bisa tetap terlihat baru dengan memiliki nilai jual yang lebih baik. Maka itu paint protection film sangat penting bagi siapa saja yang sayang mobil (motor, atau sepeda).


Jadi…


Paint Protection Film itu Apaan?

Sesudah mengerti keunggulan paint protection film, pasti bro penasaraan donk apa itu yang sering disebut "PPF".


Paint protection film pada dasarnya terbuat dari thermoplastic polyurethane (TPU), bahan film yang elastis, kuat, memberikan efek hasil hydrophobic (daun talas), dan memiliki sifat self-healing.


Khususnya di ONEPRO ada 2 jenis paint protection film; yaitu TPH atau TPU yang memiliki kegunaan yang sama tapi dengan level perlindungan dan durabilitas yang berbeda - tergantung kebutuhan dan preferensi bro. Ditambah lagi, bahan-bahan tersebut hadir dengan berbagai macam pilihan dari segi tingkat ketebalan bahan, kekuatan self-healing, elastisitas, tingkat performa perlindungan, dan sebagainya.


Uniknya, sebenarnya paint protection film asalnya dirancang untuk tujuan militer saat perang Vietnam sebagai pelindung baling-baling helikopter yang mudah rusak. Tapi jaman sekarang dipakai menjadi pelindung body otomotif, terutama mobil.


Kalau Gitu Bagian Mobil Mana Saja Yang Dipasang Paint Protection Film?

Untuk cara pemasangan tentu berbeda-beda untuk masing-masing workshop. Biasanya paint protection film dipasang manual dengan tangan mengikuti bentuk kendaraan, tapi bisa juga dengan menggunakan template pre-cut dimana PPF nya dipotong sempurna dulu sebelum dipasang.


Tapi hampir semua installer paint protection film yang ahli pasti tahu dimana pemasangan harus dilakukan, khususnya bagian-bagian yang beresiko rusak seperti bumper depan belakang, kap mesin, panel-panel pintu, dan bagian tertentu.


Walaupun begitu, dari segi investasi, pemasangan full-body tentunya lebih hemat dan efektif untuk jangka panjang, dibandingkan pemasangan per panel.


Pemasangan paint protection film full-body mencakupi semua bagian mobil yang dicat, kecuali ada bagian tambahan khusus yang diinginkan oleh bro yang berselera tinggi.


Kalau Mobil Sudah Pernah Cat Ulang Cocok Gak?

Nah, kalau mobil sudah pernah repaint (cat ulang) gue sarankan untuk tidak di paint protection film, kecuali mobil nya di cat oleh bengkel dealer resmi. Kenapa?


Karena sangat memungkinkan cat mobil yang di-repaint akan ikut keangkat saat paint protection film dilepaskan. Jadi kalau bro mau repaint, pastikan bengkel resmi pilihan lu dapat memastikan hasil kualitas cat mobil yang sempurna.


Mobil Yang Sudah Wrapping Sticker GIMANA?

Bisa bro! Dan justru lebih baik untuk menjaga kualitas sticker wrapping - dari sticker warna biasa, sticker untuk branding atau advertising, maupun sticker chrome.


Dan karena ada pilihan paint protection film glossy dan satin, lu bisa ganti tipe finishing mobil wrapping yang sebelumnya glossy menjadi satin, atau sebaliknya.


Ngomong-ngomong…


Gimana Kalau PPF nya Rusak?

Paint protection film adalah lapisan pelindung mobil, yang walaupun bersifat self-healing, memiliki level toleransi tertentu - tergantung tipe dan kualitas bahan yang dipilih.


Mobil yang di paint protection film bukan berarti dapat melawan semua kerusakan jalan, dan terlihat baru seperti pertama kali dipasang bertahun-tahun kedepan.


Bayangkan lu baru beli handphone baru. Pasti layar nya dipasang pelindung donk. Dan lama-kelamaan pelindung layar tersebut ada goresan dan lecet sehingga lu pikir, "Gue harus ganti pelindung baru nih."


Sama juga seperti mobil bro, paint protection film bisa melindungi cat asli mobil baru lu dari 5 sampai 10 tahun. Kalau ada kerusakan, daripada beroyal-royal repaint mobil lu, lu tinggal ganti PPF nya yang rusak - jatuhnya lebih cepat, hemat, dan lebih bagus.


Dan jika waktunya sudah tiba, lepas paint protection film, dan cat mobil lu tetap terlihat seperti baru!


Proses Pengerjaan Berapa Lama?

Pengerjaan paint protection film biasanya membutuhkan 3-4 hari untuk hasil yang maksimal, tergantung banyaknya lekukan body mobil. Khususnya di ONEPRO, pemasangan paint protection film sudah termasuk paint correction, dan juga ceramic coating khusus untuk PPF.


Lebih mantap lagi, semasa garansi setiap tahun gue panggil bro untuk mampir dapat FREE coating - jadi jangan sampai bolos.


PPF Atau GAK - Pilihan Lu.

Kalau bro sudah baca sejauh ini, gue percaya pasti lu sudah paham apa itu paint protection film dan kegunaannya.


Jujur, PPF bukan untuk semua orang. Tapi untuk pecinta mobil yang memiliki mobil baru, mobil collector, atau mobil mewah. Dan kalau bro peduli dan sayang mobil, PPF adalah jawaban terbaik sebagai pelindung impian semua penggemar otomotif.


Di ONEPRO, bro bisa memilih bahan paint protection film sesuai kebutuhan mobil lu. Ditambah dengan pemasangan profesional oleh PPF experts kita. Kalau lu sudah siap kasih mobil lu perlindungan penuh yang terbaik, langsung aja contact gue disini. Yuk bro mampir ke ONEPRO!