Ceramic Coating VS Paint Protection Film (PPF) Apa Bedanya?

BY VICTOR ONEPRO

Kali ini, gue akan membongkar semua mitos tentang Ceramic Coating ke lu, supaya lu tahu servis apa yang harus lu pilih untuk kendaraan tercinta lu.

Kegunaan Ceramic Coating ini banyak sekali, termasuk: anti oksidasi, anti UV, anti noda dan erosi kimia, efek daun talas, meningkatkan gloss, dan seterusnya…

Jadi kalau Ceramic Coating sudah banyak manfaat, kenapa gw perlu keluarin duit mahal-mahal pake PPF?

Nah, disini gue akan jelaskan apa yang Ceramic Coating tidak bisa cegah atau lakukan untuk proteksi mobil lu. Secara umum, setiap orang memiliki kesalahan berikut:

“COATING BISA MENCEGAH CAT DARI GORESAN, SWIRL MARKS DAN KERIKIL”

Biasanya penjual-penjual mengatakan bahwa Ceramic Coating tahan gores. Memang betul bahwa goresan minor dapat ditangkis oleh Ceramic Coating, tetapi bukan dimaksud semua goresan - seperti goresan yang disebabkan oleh kerikil atau kecelakaan minor.

Secara keseluruhan, kualitas mobil yang sudah di Coating di masyarakat Indonesia efeknya tidak jauh berbeda, karena owner mobil jarang (atau, tidak akan) mencuci mobilnya sendiri… Apalagi disuruh “wash gently”, dan menggunakan “2 bucket car wash method”… Ini jelas-jelas tidak akan terjadi, soalnya ini adalah tugas orang bodoh yang tidak menghargai waktu… Dan faktanya adalah; mencuci mobil dengan cara yang salah dan cuci mobil di “car wash express” akan menyebabkan baret dan swirl marks di mobil lu.

Ceramic Coating akan membuat mobil lu terlihat baru untuk waktu yang cukup lama (1-3 bulan untuk mobil yang dipakai sehari-hari), dan Ceramic Coating bisa membuat maintenance menjadi minimal (bukan zero maintenance). Jadi meskipun mobil sudah di Ceramic Coating, lu tetep perlu bersihin noda-noda secara rutin supaya kelihatan top-notch.


Kelebihannya Ceramic Coating adalah mempermudahkan proses pencucian, dan tidak perlu wax mobil setiap bulan, jadi hemat waktu dan hemat tenaga untuk maintenance. Jadi disini bukan “zer maintenance” tapi “less maintenance”.


Masih banyak yang lu harus tau. Tapi intinya adalah Ceramic Coating ini perlu di maintenance. Jangan pikir setelah pake Coating sekali dan harap semua selesai.

Apa itu Paint Protection Film (PPF)?

Jadi PPF ini beda… Jauh beda dengan Ceramic Coating.


Kenapa PPF sering disebut “invisible armor”?

Kita bisa setuju kalau Ceramic Coating ini tidak jauh berbeda dengan "sunscreen", meskipun kita di ONEPRO pake Ceramic Coating high-end dari merek kelas dunia buatan Korea Selatan, yang tidak hanya super efektif terhadap asam dan alkali, tetapi juga memiliki kekerasan dan umur yang lebih baik daripada yang ada di pasaran. Namun, sekuat apa pun, durasinya selalu terbatas dikarenakan kondisi cuaca ataupun lingkungan lokal, dan perlu dicoating lagi ketika sudah dipakai dalam waktu kurang lebih setengah tahun.

Nah kalau PPF ini seperti jaket anti UV - yang bisa dipakai mobil lu untuk waktu yang lama (jangka 3-12 tahun tergantung kualitas bahannya).

"Tunggu sebentar, berarti PPF bisa rusak donk? Kalau PPF benar-benar sudah rusak gimana bro?"


NO WORRIES, tinggal diganti saja. Mobil langsung kelihatan seperti baru lagi.

“Invisible armor” ini memang sedikit lebih mahal, tapi kalau lu suka mengebut di jalan, atau lu sering lewat jalan yang sempit, PPF ini boleh dicoba untuk menghemat uang, waktu, dan energi lu untuk merawat mobil. (Jangan jadi budak mobil.)


Kalau lu peduli mobil, tunggu apalagi? Langsung aja reservasi waktu untuk proteksi mobil lu disini.