KUPAS TUNTAS HYPE GANTI WARNA MOBIL: MENGUNGKAP KEDOK PPS DAN KEKEKALAN PPF.

BY IVA ONEPRO

Untuk kamu yang sempat bingung untuk PPS atau PPF mobil baru kamu; mari kita buka semua tentang keunggulan dan kesalahpahaman yang sering dimiliki oleh para penggermar mobil “professional” di social media.

 

PPS: "Proteksi Mobil Yang Ampuh Sekaligus Solusi Ganti Warna Mobil."

PPS (peelable paint system) adalah sebuah system cat yang dapat dikupas, yang cukup nge-hype di pasar local sekarang. Seringkali PPS ini dipanggil “SPPF”, [Nama Workshop] + “Skin”, atau nama lainnya sesuai yang ditentukan provider jasa tersebut.


Pada dasarnya, PPS adalah layer temporary coating yang diaplikasikan ke permukaan mobil, sehingga memberikan proteksi dan perubahan penampilan. Hasil dari pengerjaan ini mudah dibongkar (atau, dikupas) tanpa merusak cat asli mobil. Dan dapat memberikan perlindungan dari goresan-goresan ringan.


Namun, durabilitas PPS tidak sama dengan PPF (paint protection film) dan bisa membutuhkan aplikasi ulang yang sering kalau ada kurasakan robek. Dan bukan hanya itu, biaya PPS pada umumnya relative lebih mahal karena menggunakan bahan khusus, campuran warna unik sesuai keinginan pelanggan, dan melibatkan proses kerja yang intensive – untuk membuat layer yang bersifat sementara tapi juga melindungi. Ditambah lagi, karena akses jasa PPS yang terbatas dan fakta servis yang sangat niche, biaya nya pun menjadi lebih mahal dibanding PPF.


Jadi bagaimana PPF bisa dibandingkan dengan PPS?...


Sebuah Inovasi Baru – PPF Untuk Merubah Penampilan.

Nah sekarang pertanyaan nya adalah: “Apa bisa ganti warna pakai PPF? PPF kan hanya ada yang transparent.”


Sebelum kita membahas PPF berwarna, saya harap kamu tidak salah paham, atau menyamakan wrap PPF warna ini dengan wrapping vinyl yang sudah lama beredar di pasar otomotif dunia.


Wrapping vinyl yang sebelumnya paling premium adalah dengan menggunakan film PET – yang dapat memberikan hasil wrap tanpa “kulit jeruk” mengikuti dasar permukaan cat asli mobil nya. Dan banyak "orang mobil" yang mengira film PET ini berarti terbuat 100% dari bahan PET, salah! Yang disebut PET ini hanyalah lapisan kertas pendukung, yang dikupas lalu dibuang saat proses wrapping. Sesungguhnya film PET ini masih terbuat dari PVC.


Hanya saja bedanya menggunakan PVC dan PET sebagai lapisan kertas pendukung adalah hasil kerja yang kasar berkulit jeruk vs hasil kerja yang mulus mengikuti finish permukaan cat mobil tersebut, respectively. Makanya solusi ganti warna mobil memiliki harga yang beragam dimana PVC sangat murah, dan PET lebih mahal karena hasil yang lebih memuaskan.


Nah darisini kamu sudah paham yah perbedaannya custom wrap konvensional – inti nya beda dengan PPF.


Gonta-Ganti Warna Mobil Kesayangan-Mu Dengan PPF.

Seperti yang kamu tahu, PPF adalah paint protection film yang terbuat dari thermoplastic polyurethane (TPU) yang dapat melindungi cat mobil dari stone-chips, goresan, dan kerusakan jalan sehari-hari lainnya. PPF mobil dirancang lebih heavy-duty dengan memiliki top layer yang bisa self-healing dan juga hydrophobic (memiliki efek daun talas).


Sampai sini, saya asumsi kamu pasti sudah lebih tahu tentang PPF (karena sekarang kamu penasaran dengan PPF yang berwarna, bukan yang bening seperti biasanya). Dan tergantung ketebalan, kualitas bahan dasar, dan alot nya seri bahan yang dipilih, PPF adalah solusi yang sangat baik di Indonesia dikarenakan jalanan yang banyak puing dan lingkungan yang lebih “kasar”…


Kembali lagi, PPF berwarna ini bukanlah sesuatu yang baru, karena ONEPRO PPF sudah memiliki PPF berwarna sejak establishment. Namun memang sebelumya pilihan warna sangat terbatas. Akan tetapi dengan berkembangnya inovasi di industri film otomotif, kamu bisa memilihan ratusan warna PPF TPU yang unik dari catalogue ONEPRO PPF, di workshop kami.


Gagasan custom wrap dengan PPF berbahan TPU ini bisa kita bilang, sebagai manufacturer, generasi ke-5 dari jaman yang masih menggunakan film PET.


Cara kerjannya sendiri sama dengan instalasi PPF. Namun keunggulan PPF berwarna yang tidak dimiliki PPS maupun wrapping konvensional ada hasil permukaan yang mulus, fitur self-healing, hydrophobic, dan daya perlindungan yang signifikan untuk jalan sehari-hari. Yang membuat kamu lebih mudah untuk rawat mobil sendiri, dan dapat mempertahankan nilai jual saat waktunya ganti mobil. Dari segi biaya, PPF TPU berwarna ini lebih mahal dari wrapping PET, tapi lebih ekonomis dibanding PPS.


PPF colour-infused berbahan TPU ini tersedia di seri bahan “XONIX”; menggabungkan semua keunggulan PPF pada umumnya dan pigment warna unik, ini adalah masa depan nya custom wrap!


PPS vs PPF: “Jadi Saya Harus Pilih Yang Mana?”

Kesimpulannya PPS (peelable paint system) adalah solusi aesthetic sementara yang tepat jika tujuan utamamu adalah merubah warna mobil - mau semua sudut dari yang kecil atau besar hasil nya rapi dan mudah dibongkar kalau sudah bosan. Tapi dari segi proteksi, PPS tidak sekuat PPF. Dan jika layer cat nya sobek karena batu kerikil di jalan, maka kamu perlu PPS lagi panel tersebut.


Dibalik itu, colour-infused PPF (paint protection film) adalah solusi perlindungan yang lebih kekal. Ini lebih tepat jika memang yang paling penting bagimu adalah proteksi, kedua merubah warna. PPF dilengkapi dengan self-healing coating yang tidak dimiliki PPS. Dan dapat menjaga penampilan mobil dari garis halus, kerikil, serempetan, dan kerusakan jalan lainnya. PPF sendiri tidak mudah dibongkar saat kamu sudah ingin merubah warna lagi, kamu memerlukan bantuan expert team kami untuk melepas PPF nya. Namun, top coat PPF pun (layer self-healing dan hydrophobic) juga bisa rusak tergantung berapa kuat benturan nya dan tingkat bahan PPF yang dipilih. Yang berarti jika PPF nya belum tembus/bolong, warna PPF nya tetap masih sama dan tidak perlu diganti.


Keputusan untuk PPS atau PPF mobilmu tergantung pada kebutuhanmu. Dua-dua nya adalah solusi yang sepadan dengan keunggulan dan kelemahan masing-masing. Kesempurnaan sementara atau pelindung kekal yang indah?


Kalau kamu memilih proteksi PPF, kamu bisa membuat reservasi jadwal dengan kami disini.