Tips memilih PPF Yang Tepat Buat Mobil Lu

BY VICTOR ONEPRO

Kalau bro mengikuti industri mobil, bro pasti sudah gak asing lagi dengan yang namanya Paint Protection Film (PPF). Jadi kalau bro rencana mau pake paint protection film, lu perlu memahami beberapa aspek ini dulu :


  1. Perbedaan Grade PPF

Yang pertama bro harus memahami bedanya grade paint protection film. Disini gw bakal bahas mulai dari yg paling bawah sampai yang paling tinggi.


  • PVC / VPF

PVC atau VPF (Vinyl Protection FIlm) adalah “PPF” yang paling ekonomis. Bahan ini adalah PPF generasi pertama, bahan ini sangat kaku karena terbuat dari polyvinyl chloride (PVC).


Kekurangan bahan ini adalah tidak memiliki sifat hydrophobic (daun talas) dan juga non self-healing. Karena karakter bahannya yang sangat kaku, PVC ini susah ditekuk pada ujung-ujung body. Masalah lainnya adalah “stretch mark”, stretch mark adalah garis tarikan yang timbul di permukaan film karena terjadinya tarikan saat instalasi film ke body mobil yang mempunyai kontur yang ekstrim. Biasanya stretch mark akan cenderung kelihatan lebih banyak di bahan PVC ini. Otomatis hasil akhirnya akan terlihat tidak sempurna.


Bicara tentang ketahanan, PVC ini bisa tahan sampai 2 tahun. Kalau dipakai lebih lama, warna PVC ini akan berubah menjadi kuning, dan dia akan mengeras di body mobil.


  • TPH / PU

TPH atau PU (Polyurethane) adalah film pelindung cat yang sangat populer di kalangan mobil-mobil menengah keatas, karena bro bisa dapat value yang terbaik untuk uangmu. Biasanya bahan TPH ini sudah didesain untuk memiliki sifat self-healing dan hydrophobic. Namun, kekuatan self-healing TPH gak sebagus yg dimiliki bahan TPU.


Kelebihannya TPH adalah bisa menangkis serangan-serangan kerikil (stone chips) dan serempetan yang ringan. Dan untuk daya tahan, TPH ini bisa sampai 5 tahun.


  • TPU

PPF berbasis TPU (Thermoplastic Polyurethane) adalah PPF premium. Bahan TPU jauh lebih tahan terhadap penguningan dan perubahan warna. Perekat pada film TPU ini juga dimodifikasi agar mudah dilepas. Secara keseluruhan, kedua fitur ini berfungsi untuk melestarikan cat orisinil jauh lebih baik daripada PPF berbasis PVC atau TPH.

TPU memiliki karakteristik yang sangat elastis, bahan ini bisa melar sampai 3x ukurannya. Untuk daya tahan bahan ini jauh lebih awet, bisa tahan sampai 10 tahun. Meskipun film TPU jauh lebih mahal daripada PVC dan TPH, kualitas produknya telah membuktikan bahwa TPU memang layak untuk dijual dengan harga ekstra.


  1. Ketebalan Bahan

Ketebalan bahan PPF ini dihitung dengan unit micron atau mil, yeap betul, mil, bukan “mm atau milimeter”. Rata-rata ketebalan PPF ini mulai dari 150 microns (6 mil) sampai 200 microns (8 mil). Kalau kita bandingkan angka ini dengan nano ceramic coating, 3 layer nano ceramic coating hanya bisa memberikan proteksi ketebalan maksimum 5 microns (0.2 mil).


Jadi kenapa ketebalan penting? Tentu penting, lebih tinggi ketebalannya akan membuat mobil bro lebih terproteksi. Tapi pertanyaannya adalah…


  • Apakah TPH 200 microns lebih kuat daripada TPU 150 microns?

The answer is no yah bro. Bahan yang lebih tebal memang berarti lebih kuat, tapi hanya bermaksud lebih kuat daripada bahan yang lebih tipis di kelasnya. Jadi bisa dibilang ketebalan ini tidak relevan kalau grade PPF sudah beda.


"Oke jadi sekarang bro sudah tau nih perbedaannya,

selanjutnya tips dari gw adalah…"

JALANAN RUSAK DI DEPAN, STONE CHIPS dimana-mana!

Kalau lu adalah seseorang yang sering menghabiskan waktu lu di jalanan, maka wrapping PPF dengan bahan TPU adalah pilihan ideal. Di sisi lain, kalau lu jarang mengendarai mobil lu atau hanya jalan beberapa ribu kilometer per tahun pada kendaraan lu, maka paket TPH akan lebih masuk akal.


Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah kondisi jalanan yang lu lewati. Kalau lu sering mengunjungi jalan raya yang terkenal penuh lubang dan kerikil-kerikil, maka full PPF wrap adalah pilihan terbaik. Tetapi kalau lu mengemudi di jalan lokal yang terpelihara dengan baik, risiko kerusakan cat akan berkurang.

Mencari installer yang memiliki reputasi terbaik.

Installer yang memiliki reputasi baik tidak akan membahayakan nama mereka dengan film berkualitas lebih rendah atau film oplosan. Dan pastikan installer memiliki garansi antara 5 sampai 10 tahun.


Jadi bagaimana cara menemukan installer yang memiliki reputasi baik? Ada 5 hal yang ingin bro cari:


  1. Pastikan installer menggunakan bahan berkualitas tinggi.

  2. Pastikan bahwa installer memiliki reputasi baik dan menghasilkan pekerjaan yang berkualitas.

  3. Apakah harga terlalu bagus untuk menjadi kenyataan?

  4. Installer harus memiliki pengalaman untuk memperbaiki masalah cat sebelum pemasangan.

  5. Cari installer dengan workshop yang rapi dan teratur.


HEMAT UANG, bayar untuk yang lu perlu aja!

Saat memilih bahan PPF, pastikan untuk mempertimbangkan dua elemen ini:


  1. Budget lu saat ini.

  2. Penghematan biaya jangka panjang yang akan diberikan oleh PPF wrap ini.


Meskipun biaya di awal lebih tinggi, bro dapat menikmati ketenangan pikiran karena mengetahui bahwa bro gak perlu mengeluarkan biaya apa pun untuk kerusakan cat.